Wednesday, November 11, 2015

Air Terjun Tawangmangu Yang Menawan

Tawangmangu - Mungkin kalian sudah pernah mengunjungi tempat ini. Kalau saya sih belum...T_T. Dulu mau kesini tapi batal jadinya ke tempat wisata lain. Emang wisata apa sih? Itu loh air terjun yang di Solo. Tawangmangu sudah dikenal sebagai obyek wisata yang berada di pegunungan lereng barat Gunung Lawu yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat dengan jarak waktu sekitar satu jam dari Kota Surakarta (Solo).

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah yang paling terkenal keindahanya. Terdapat di sisi barat dari Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan sebuah air terjun yang indah dan menyimpan banyak sekali misteri. Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu pun juga tidak jauh dari kota Solo, hanya berjarak sekitar 27 km di sebelah timur kota Solo, lebih tepatnya di Kabupaten Karanganyar dan Air terjun Grojogan Sewu juga masih merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Harga tiket masuk Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sekitar Rp 18,000,- perorang pada tahun 2015 ini.Untuk menuju lokasi air terjun, anda harus menuruni anak tangga yang jumlahnya hingga 1.250 anak tangga. Tapi inilah yang menjadi keasyikan ketika berkunjung ke air terjun Tawangmangu. Jika ingin merasakan sensasi yang lain, anda patut mencoba menuju lokasi air terjun dengan naik kuda. Biasanya kuda-kuda ini sudah berada di pintu masuk air terjun dan tinggal anda sewa.
Hutan wisata Grojogan Sewu mempunyai luas sekitar 20 Ha. Kawasan hutan ini juga banyak ditumbuhi berbagai macam jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera yang jinak. Beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati di hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan toko cinderamata, mushola dan MCK.
Mulai memasuki kawasan air terjun anda akan disambut oleh kera-kera ekor panjang yang bergelayutan di pohon-pohon dan juga di area air terjun. Kera-kera ini tak akan mengganggu para pengunjung, karena mereka terbiasa berinteraksi dengan manusia. Tapi ingat, jangan lupa untuk menutup rapat-rapat tas anda dan jangan menenteng tas krusuk atau sejenisnya. Karena kawanan kera akan usil dan bisa mengambil barang bawaan anda untuk dicari makanan dari bawaan anda. 


Selain air terjun yang indah anda juga bisa menikmati kuliner khas Tawangmangu yaitu sate Kelinci. Daging yang lembut dengan bumbu kacang yang lezat pasti akan menggoda anda. Maka, menikmati kuliner sate kelinci tak boleh ditinggalkan. Jika tak suka dengan kuliner tersebut bisa memilih kuliner yang lain seperti pecel atau nasi rames dan pastinya harganya murah.