Friday, November 6, 2015

Green Canyon Yang Bikin Penasaran

Green Canyon - Mungkin anda akan berfikir kalau tempat ini ada di luar negeri. Iya kan? hehehe. Yah memang terdengar mirip namanya sama yang ada di Amrik itu. Tapi jangan salah, ternyata Green Canyon itu ada di Indonesia loh.

Green Canyon atau yang bernama asli Cukang Taneuh (Jembatan Tanah) adalah sebuah objek wisata yang merupakan aliran sungai Cijulang yang diapit oleh dua dinding bukit berbatu dan ditutup oleh rerimbunan pohon. Aliran sungai yang berwarna hijau tosca nan eksotis ini menuju sebuah goa. 




Lokasi Green Canyon berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berangkat dari Jakarta menggunakan mobil rute terbaik adalah dari Bandung menuju Tasikmalaya – Ciamis – Kota Banjar – Pangandaran – Parigi lalu Cijulang (Green Canyon) atau disebut jalur Timur dengan jarak tempuh 170 km. Sedangkan jalur Selatan melewati kota Tasik, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk lalu Cijulang, dengan jarak kurang lebih 60 km.
Bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati keindahan objek wisata Green Canyon harus paham dengan musim-musimnya. Karena saat terbaik untuk bisa menikmati keindahaan objek wisata ini adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Karena jika pada musim hujan, dikhawatirkan deras sungai dan warna airnya pun akan menjadi coklat.
Ketika anda berada di gerbang utama,anda belum bias langsung melihat tebing hijau yang tinggi, melainkan anda akan melihat beberapa perahu motor yang berjejer di dermaga. Bila anda ingin melihat Green Canyon anda diharuskan menggunakan perahu tersebut yang berkapasitas 5 – 7 orang setiap perahunya, dan untuk mengunjunginya di dermaga pertama semua perahu akan langsung berangkat ke dermaga dua. Dari dermaga dua ke lokasi objek wisata tidak terlalu jauh, di lokasi objek perahu hanya muat untuk 3 – 4 perahu jadi harus mengantri dulu agar ketika keluarnya lancar dan mudah. Waktu yang ditentukan bila anda hanya ingin melihat-lihat sekitar saja adalah 15 menit namun bila ingin lebih lama diharuskan anda berenang di sungainya dan harus memberikan biaya lagi untuk penambahan waktu, diberi batas waktu karena jumlah wisatawan yang berdatangan sangat banyak sehingga pihak pengelola Green Canyon mengeluarkan kebijakan seperti yang disebut tadi. Setelah selesai anda akan diantar kembali menuju dermaga pertama atau bila anda ingin sesuatu yang berbeda anda bisa berenang hingga ke dermaga kedua menggunakan pelampung.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Green Canyon akan menghabiskan waktu untuk berenang setelah menyusuri sungai dengan ketinting. Namun, sebaiknya tidak mengunjunginya pada musim hujan, karena air akan berwarna kecokelatan, terlihat tidak cantik.