Wednesday, November 4, 2015

Kawah Putih Yang Cantik Di Ciwidey

Kawah Putih - Putih nan indah diliat, jadi ingin kesana lagi. Aapan sih putih-putih? Itu loh yang ada di Bandung, Kawah Putih. Lokasi wisata ini terletak di selatan kota bandung, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi sekitar 1 jam perjalanan, tapi berhati - hatilah dalam mengendarai kendaraan anda dikarenakan medan jalan yang sempit serta sering terjadi kabut tebal yang mengurangi penglihatan pandangan mata. Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi dapat menggunakan sarana transportasi umum.





Transportasi menuju kawah putih dengan menggunkan kendaraan umum / Bus
Banyak sekali Bus antar kota maupun bus antar Provinsi yang menuju kota Bandung. Dari mana saja Anda berasal, rute yang pertama harus anda tempuh adalah menuju terminal Leuwi Panjang Bandung. Kemudian setelah sampai di terminal leuwi panjang dapat dilanjutkan menuju lokasi Kawah Putih menggunakan kendaraan umum sebagai berikut :

Dari Terminal Leuwi Panjang naik Bus atau Mini Bus (L300) jurusan Bandung – Ciwidey, dan akan berhenti di terminal Ciwidey.
Dari Terminal Ciwidey Naik Angkutan Umum (angkot) jurusan Ciwidey – Situ Patengang, Ciri mencolok dari angkot tersebut berwarna kuning, dan minta turun di pintu Gerbang Kawah Putih

Dari Pintu Gerbang Menuju Lokasi Kawah menggunakan angkutan yang disediakan pengelola Obyek Wisata yaitu mobil shuttle.

Menurut sejarah, Kawah Putih pun pernah dianggap sebagai lokasi yang angker sejak Gunung Patuha meletus hebat pada abad ke-10. Saat itu, setiap burung yang terbang di atasnya pasti mati. Karena menasaran, akhirnya seorang ilmuwan yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn mengunjungi kawasan tersebut pada tahun 1837 dan mendapati mengapa burung-burung bisa mati, yaitu karena belerang di Kawah Putih. Sejak tahun 1987, pemerintah pun menjadikan Kawah Putih menjadi tempat wisata.

Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Air di danau kawahnya dapat berubah warna, kadangkala berwarna hijau apel kebiru-biruan bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu. Paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atas permukaan kawah. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih, oleh karena itu kawah tersebut dinamakan Kawah Putih.